Cara Cek SK PIP SMA Terbaru - Sistem PIP Manajer SMA

Posted by

Propram Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program prioritas nasional dari dan arahan khusus Presiden RI bidang pendidikan. Salah satu bentuk implementasi PIP ini ada lah pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada sekitar 17,9 juta anak, dari jumlah tersebut ada 5,7 juta anak usia 16 s.d 21 tahun agar mendapatkan layanan pendidikan sampai lulus pendidikan menengah.

Dari berbagai kegiatan yang dilakukan DitPSMA mulai dari sosialisasi PIP, pendataan dan verifikasi calon penerima PIP sampai berkoordinasi dengan bank BNI sebagai bank penyalur dana PIP dan pihak dinas atau sekolah serta hal penting lainnya yang berhubungan dengan memaksimalkan pelaksanaan program ini, DitPSMA merasa masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu belum memenuhi tuntutan siswa/ sekolah terutama dalam masalah pencairan dana yang terlambat yang berakibat pencairan dana PIP SMA relatif kecil.

Hal tersebut juga sangat dirasakan oleh pihak sekolah terutama jenjang SMA, karena telatnya informasi mengenai SK atau data siswa penerima penerima yang dikeluarkan dalam beberapa tahap. Sedangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (DitPSMK) sendiri saat ini untuk informasi PIP, data siswa penerima PIP, data status pencairan selalu dipublish melalui website resminya di http://portal.ditpsmk.net/pipsmk.

Karena itulah, Direktorat Pembinaan SMA mengembangkan Sistem Informasi PIP berbasis web. Aplikasi tersebut bisa diakses melalui alamat http://psma.kemdikbud.go.id/home/pip/
Begitupun dengan dikdas, seputar informasi program pip bisa diakses melalui http://pipsd.kemdikbud.go.id/
Untuk menggunakannya, sebelum login, kita harus aktivasi token terlebih dahulu, kalau yang belum punya token untuk aktivasi, silahkan berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat.
Login Sistem Informasi PIP SMA ini bukan menggunakan user dan password dapodik, tapi kita membuat user baru (bisa disamakan dengan user/password dapodik) ketika aktivasi token.

Walaupun masih banyak fitur yang belum berfungsi pada sistem aplikasi tersebut, tapi setidaknya sekarang kita bisa melihat informasi mengenai SK, data siswa penerima dan jumlah dana.
Semoga dengan adanya sistem PIP SMA ini, sekolah dibawah naungan DitPSMA akan lebih mudah memperoleh informasi mengenai pelaksaan PIP.




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:02

8 comments:

  1. kode token mintanya kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Token yg punya dinas pendidkan setempat.

      Delete
  2. untuk sma kok gak bisa di buka ya

    ReplyDelete
  3. Iya bener,, situsnya ko invalid kira" masalahnya apa?? Mohon solusi

    ReplyDelete
  4. iya nih kok yang SMA g kbuka terus

    ReplyDelete
  5. Link PIP terbaru, gunakan NPSN dan Kode Registrasi Dapodik untuk login
    https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session

    ReplyDelete

Earn Free Bitcoin
close
BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Cari di Blog ini

Powered by Blogger.