Mengenal FOPPSI

Posted by


 FOPPSI
Mungkin masih banyak kalangan khususnya orang yang bergerak di bidang pendidikan baru mendengar istilah atau nama FOPPSI, karena memang umur FOPPSI belum begitu lama.FOPPSI merupakan kependekan dari Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia. Dari namanya, mungkin dipikiran kita sudah terbesit salah satu profesi pekerjaan yang ada di sekolah, yaitu operato sekolah atau operator pendidikan. Ya, FOPPSI merupakan wadah forum bagi seluruh operator sekolah atau operator pendidikan seluruh indonesia, baik itu operator di jenjang Dikdas maupun Dikmen yaitu PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.
Forum ini merupakan forum besar yang mempunyai visi dan misi yang mulia, yaitu mewadahi para operator pendataan agar bisa menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab yang meliputi mendata, memproses dan menyajikan data pendidikan yang dibutuhkan oleh kementrian terkait dengan data yang tepat dan akurat.

Selain tujuan utama diatas, organisasi ini juga mempunyai misi mengangkat nama operator pendidikan agar dipandang sebagai profesi yang tidak main-main dan tidak gampang, karena menyangkut pendataan data pendidikan yang sangat kompleks mulai dari data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), data siswa, data sekolah, data sarana prasarana yang masing-masing disajikan untuk berbagai keperluan dan penentu kebijakan pemerintah dan kementrian pendidikan RI.
Dengan adanya FOPPSI ini diharapkan kepada pemangku kepentingan di Kementrian Pendidikan dapat memberikan angin segar kepada para anggota FOPPSI. Inilah salah satu tujuan lain dari FOPPSI yaitu menjembatani atau penyambung lidah operator di seluruh indonesia agar anggotanya mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah.

Sekarang ini, FOPPSI sudah mulai terbentuk di provinsi dan daerah-daerah di seluruh indonesia walaupun belum seluruhnya. Kepengurusan FOPPSI pusat yang sudah terbentuk sekarang dinahkodai oleh Bpk. Basuki Rakhmad sebagai Ketua Umumnya dan Sekjen Bpk. Gunawan Wibisono serta jajaran pengurus lainya yang memegang bidangnya masing-masing. Organisasi FOPPSI ini terdiri dari FOPPSI PUSAT, FOPPSI PROVINSI dan FOPPSI KABUPATEN.

FOPPSI merupakan organisasi yang besar, ini bisa dilihat di group facebooknya yang mencatat jumlah anggotanya sebanyak 55.607 orang. Kalau anda sebagai operator pendidikan silahkan bergabung di group Facebook FORUM OPERATOR PENDATAAN PENDIDIKAN SELURUH INDONESIA (FOPPSI). Group tersebut digunakan sebagai forum silaturahmi dan diskusi bermanfaat serta media informasi bagi  anatr anggotanya. Selain group facebook kita bisa mengunjungi website resmi FOPPSI di http://foppsi.or.id untuk bertanya seputar keanggotaan FOPPSI.

Untuk kepengurusan FOPPSI di Kabupaten Brebes sendiri sampai saat ini belum terbentuk, walaupun di Kab. Brebes sendiri sudah ada forum operator yang berdiri masing-masing seperti Operator SMK yaitu FORKABES (Forum Operator SMK Kab. Brebes), Operator SMA yaitu FORDIKMABES (Forum Operator SMA Kab. Brebes) dan Operator Dikdas. Dengan adanya FOPPSI diharapkan Operator Pendidikan di seluruh jenjang dapat masuk di FOPPSI tanpa menghilangkan forum operator yang sudah ada sebelumnya, karena forum yang sudah terbentuk merupakan ajang diskusi seputar pendataan sesuai dengan jenjang masing-masing sekolah dan sebagai jembatan informasi sekolah ke dinas Kabupaten setempat. Adapun FOPPSI merupakan jembatan semua operator lintas jenjang pendidikan di Kab. Brebes untuk menyuarakan aspirasi ke pemangku kepetingan di tingkat nasional.

Dengan adanya FOPPSI ini semoga para operator pendidikan seluruh indonesia khusunya di Kab. Brebes bisa bekerja penuh tanggungjawab, dapat bekerja secara efisien dan bisa menyajikan data yang tepat dan akurat dan tentunya kinerja para operator pendidikan ini mendapatkan perhatian lebih dari para pemangku kebijakan sehingga kesejahteraan operator bisa segera terwujud. Amin




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:04

0 comments:

Post a Comment

Earn Free Bitcoin
close
BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Cari di Blog ini

Powered by Blogger.